Cara Mempercepat Loading Blog

Bagi Anda yang memilik blog, mungkin melakukan berbagai cara agar blog Anda lebih menarik dan bagus agar dikunjungi oleh banyak pembaca. Dari mulai pemasangan gambar-gambar yang enak dipandang mata, sampai penggunaan script yang ternyata mampu membuat loading Blog Anda semakin berat dan lama.

Performansi yang buruk seperti itu justru bukan menambah jumlah pengunjung dan teman broggol yang akan membaca blog Anda, tapi satu demi satu mungkin akan meninggalkan Blog yang telah dengan susah payah Anda buat. Lalu, apa yang harus anda lakukan agar blog anda cepat loadingnya ketika dibuka oleh pembaca dan pengunjung ??

Jika anda ada yang mempunyai blog yang loading nya lambat, sekarang cobalah tips saya ini.

Berikut langkah-langkahnya

1. Mengurangi jumlah penggunaan gambar. Penggunaan gambar akan sangat mempengaruhi kecepatan akses dari suatu blog, hal ini dikarenakan kapasitas untuk satu file saja bisa mencapai beberapa kilobyte(Kb) dan bisa perhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendownload 1 file gambar saja.

2. Mengelompokkan dan memisahkan bagian-bagian isi menjadi perhalaman. Hal ini sangat penting karena tips yang kedua ini bermaksud agar halaman utama atau yang biasa disebut dengan halaman index tidak langsung menampilkan keseluruhan isi dari blog.

3. Kurangi banner-banner yang bergerak. Mungkin ini memang kebiasaan kita untuk bertukar banner, tapi alangkah baiknya kita pisahkan di bagian tertentu dan ukurannya kita perkecil lagi.

4. Dan yang terakhir dan kiranya perlu untuk diperhatikan adalah bagian dari pernak-pernik atau item-item pendukung seperti LinkList, Profile, ShoutBox, dll sebaiknya disembunyikan dalam list menu. Ini berarti item-item tersebut menjadi submenu dari menu diatasnya.

Selamat Mencoba!!

55 komentar:

Anonim mengatakan...

Iya..sih, tapi kadang-kadang rasanya pengen nampilkan gadget-gadget di Blog...padahal bikin berat tuh

Anonim mengatakan...

Pilihan sulit, namun saya ngeblog berimbang, kadang ada gambarnya, malah sering tulisan dowang

hfa mengatakan...

sip, teruslah memberi info, makasih

andikris mengatakan...

thx tipsnya, wah pilihan yang sulit ya... akan saya coba, he...

dwic mengatakan...

begimana yaa..abis suka seeh tampilin poto2 di setiap postingan..begimana dung...

translate mengatakan...

tengkyu infonya bro..
translate

MULYONO W SPd mengatakan...

Bagus juga tips mampir sekalian tukaran link yuk

Rizki Agung Pambudi mengatakan...

Pdhal blog q cm brukuran 146kb. Tpi loadingnya lama.
Oh iya bro, jngan lpa mampir k blog q ya!!

MAYOR GRISTHA mengatakan...

tapi bagaimana dengan saya?,,, saya membuat blog agar Klien saya bisa lihat property saya selengkap-lengkapnya,,,!!

kasi saranx donk!!!

Unknown mengatakan...

thx sob

Unknown mengatakan...

Wah infonya sangat menarik sob,,,,,Blog saya loadingx 106,8 Kb wah cukup berat juga seh,,,,Oya sob blognya masi nofollow yah???kasian tuh yang komentar gak dapat backlink...

Admin Tukarilmu.com mengatakan...

mksi infox....
sgt berguna untuk blogger baru,,,,

ArdianZzZ mengatakan...

nomer 3 dan 4 tidak diterapkan di blog ini

ryan mengatakan...

terimakasih postingannya

Teras Info mengatakan...

terimakasih banyak atas tipsnya....
hadoh...blog saya agak lemot ni sekarang loadingnya, mungkin kebanyakan gambar ya...

cerita lucu mengatakan...

makasih gan infonya sangat bermanfaat... saya coba praktekin dulu soalnya load blog saya kayak siput ...

Sutantio Eka Purwanto mengatakan...

Siippp..... Minta ijin untuk praktek ilmunya ya Bro...

bangros mengatakan...

coba lihat blog qw... menurut kalian berat ga' sa'at loading pertama kalinya.. silahkan lihat di http://harapan-putra.blogspot.com/

HARAPAN-PUTRA.BLOGSPOT Panduan bagi mereka yang sedang mencari Blog, Tutorial, Artikel, Gratis
Download Music, Movie, Gallery, serta informasi SEO terbaru seputar
internet. | harapanputra.co.cc

cerita lucu mengatakan...

gan terima kasih setelah saya praktekin step by step situs saya sekarang lumayan ngebut... very recomended article... terus semangat ngasih info buat kami kami para newbie yah gan

chord lirik lagu mengatakan...

saya praktekin dulu gan soalnya situs saya lambat banget

Kukuh Cakra D mengatakan...

kukuhcdh : oke gan.. thanks

maswardi mengatakan...

ok sip, tob bgt deh

kabar islam mengatakan...

saya coba Gan.makasih

Juniantobara mengatakan...

ya namanya juga blog begitu bisa juga dengan menggunakan fasilitas kompres blog banyak tuh tutorilnya..

Nino Zulfikar mengatakan...

di kompres langsung kempes... tapi wwwhuuuusssss.... Kencang gan^^

Unknown mengatakan...

inilah yang banyak dipermasalahkan kawan2 blogger, cara mempercepat loading blog memang banyak dikeluhkan. masalahnya ketika kita berbicara tentang pengurangan gambar, atau mengkompres gambar dalam ukuran kecil bagi sebagian blog, terutama untuk bisnis sangat tidak berpengaruh pada bisnis...apa lagi ketika blognya berbasis bisnis atau usaha jasa online, tentunya akan banyak banner partner kerja yang harus di pasang. sebenarnya ada cara lain, yaitu dengan mengkompres css atas menyimpan css di penyimpanan online, lalu kita cuku menyimpan link location pada blog kita. tapi inti ane setuju kalau gambar dan aplikasi memang mau tak mau harus kita kurangi. mungkin ada tips lain bro...??? kasih info ya....makasih dan salam persahabatan blogger....sekali-sekali berkunjung ke blog ane, kebetulan ada juga mengupas masalah cara mempercepat loding blog...sekali lagi makasih

Unknown mengatakan...

makasih infonya. . . .
http://oneristy.blogspot.com

Polengs mengatakan...

repot ya.,.,.

makasih infonya, di coba dullu.,.,

yusdin mengatakan...

terimah kasih atas infonya ,salam kenal dari blogger pemula.

bangros mengatakan...

singkat padat dan jelas, makasih bro tips-nya..

biar saya coba di blogku dulu

Lovia Batik dan Craft mengatakan...

gimana dong bro kalau poto yang memang harus di tampilin banyak kayak blog ku (hhtp://loviabatikdancraft.blogspot.com/

mohon pencerahan...

krisna Apri sulistyawan mengatakan...

sebagai bloger pemula saya bingung,mohon bantuannya,untuk melihat blog saya terima kasih

krisna Apri sulistyawan mengatakan...

sekli lagi makasih infonya
Http//Sdnandonosari3.blogspot.com

fikrisu mengatakan...

thank's infonya sob,,,very usefull and helpfull. salam kenal and good luck by http://fikrisu.blogspot.com

homedesignpics mengatakan...

Thank infonyasob

Cah Pucanglaban mengatakan...

Infonya sangat bagus dan mendukung sekali master bagi para blogsphere yang memiliki blog yang lowdingnya lambat.
ditunggu tips berikutnya........

Anonim mengatakan...

infonya keren mass,,

mas, saya minta izin copas boleh gak..??

nanti saya cantumkan sumbernya (blog mass)

kunjungi blog saya yaa di

www.rikymetalist.blogspot.com
^,^

thankzz sebelumnya mass..

Abi mengatakan...

Ma kasih Infonya

Hanya Untukmu Teman mengatakan...

ada cara yang lain ga mas?mungkin edit di html nya?terimakasih

Info Terbaru mengatakan...

Keren infonya... makasih gan udh d share..

ANDRA GHOTIC'S CENTER mengatakan...

mampir ke blog ane....!!!
http://andravino.blogspot.com/

eksotisme mengatakan...

Suwun tips nya, semoga bermanfaat bagi kita semua

kumpulan artikel mengatakan...

saya telah membaca artikel ini.. qqqqq terima kasih mas untuk tips nya

Goldfa mengatakan...

tapi ada kok, site dengan desain yang wah tapi tetep loading cepet. dan sebaliknya?

klo yang saya tahu, itu karena Coding Site yang digunakan. Menurut mas gimana?

tweetngaawur mengatakan...

tanks gan infonya visit me juga http://www.magazine78.co.cc

ivan alif mengatakan...

Bermanfaat juga.............

http://sahabat2011.blogspot.com

ubae mengatakan...

Nah..klo sudah semua di praktekkan tapi masih jug lemot gmn ya..???

andy mengatakan...

mantab.... mampir ya... www.pgsdhost.com

writer mengatakan...

salam knal,,wahhh
ada cara yang lain ngakkk
selain itu

ozy mengatakan...

jadi harus ekstra mikir donk kalau mau pasang gambar
salam kenal.....

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah mengatakan...

cara kompresi image yang optimal seperti apa yah?

dick adisetya mengatakan...

makasih infonya gan..mampir ke blog ane yak http://dickzadisetya09.blogspot.com/

Bowo' mengatakan...

Nice info gan!..

aqgus heryana mengatakan...

Tuker link kang.. www.segernya.wordpress.com

Download Dari Mediafire mengatakan...

mohon doanya gan, alnya ane lagi ngutak ngatik utk mempercepat blog nih.