Cara Mengamankan flashdisk Dari Autorun Virus

Kebanyakan Virus menyebarkan dirinya melalui Usb yang kita colokkan ke komputer.
Nah pada posting kali ini saya berbagi sedikit tips, bagaimana supaya autorun virus di dalam USB tidak menyebarkan dirinya ke komputer kita.

Adapun cara yang manual untuk mengatasinya :

Cara yang pertama dengan mengedit secara manual dengan menggunakan notepad atau wordpad. Diasumsikan flashdisk kita yang telah dicolokan kedalam komputer (yang telah terinfeksi) beralamat “F:\”, maka saya akan mencoba membuka file “F:\autorun.inf” lalu enter.
Lalu notepad akan terbuka secara otomatis dengan beberapa mantra didalamnya, setelah itu kita tinggal mengedit mantra tersebut dengan memblock semua mantra tersebut(ctrl+a) lalu hapus(backspace atau del) lalu anda bisa membiarkannya kosong lalu tekan ctrl+s untuk men-savenya. Anda juga bisa menuliskan beberapa puisi indah tentang perdamaian didalamnya.

Tetapi bang blckflcn, bagaimana jika file tersebut memiliki attribute “read-only”? yang jelas kita tidak dapat mengeditnya secara manual!(aaaaarrrrrgh!!!!). Lalu? Apa yang dapat kita lakukan… bang blckflcn? Gigi dibalas dengan gigi, mata dibalas dengan mata, dan yah… anda benar! MANTRA juga DIBALAS DENGAN MANTRA!!

Langkah-langkahnya :

1. buka aplikasi notepad (tempat dimana kita akan menulis mantra)
2. tuliskan mantra “del /a:r f:\autorun.inf” (tnp tanda petik) lalu enter.
3. langkah selajutnya adalah tulis mantra lagi! Mantranya “echo ‘terserah tulisan apa’ >f:\autorun.inf&attrib +r f:\autorun.inf” (tnp tanda petik juga).
4. lalu save file mantra tersebut dengan nama file terserah anda dan path-nya terserah anda juga, tetapi extension-nya harus “.bat”(harus tidak boleh tidak)
5. lalu jalankan file mantra yang baru kita buat tersebut
6. buka explorer
7. pada bagian address tuliskan “F:\autorun.inf”, lalu tekan enter sambil mengucapkan “sim…salabim…”. Maka aplikasi notepad akan muncul lagi sambil menampilkan beberapa tulisan, tetapi yang ini jelas bukan mantra.

Itulah sedikit tips dari saya, semoga bisa berguna bagi semua pengguna.
Selamat Mencoba.!!!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice inpo gan...!!!

Anonim mengatakan...

mkasih ya mas atas info nya,,,,iya nih ud sering kena virus kalo di komputer